Menyegerakan Berbuat Kebaikan Dan Bahaya Menundanya

imageedit_99_9358591601.jpg
pixabay.com

Kata menyegerakan ini mengandung suatu makna bukan hanya penting tetapi harus segera dilaksanakan pada waktu itu juga. Jadi berkaitan dengan hal itu, maka apapun bentuk kebaikan yang ingin dan bisa kita lakakukan, segeralah dilaksanakan jangan ditunda-tunda lagi, karena apabila kita menundanya maka berarti kita telah kehilangan satu momentum yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk berbuat kebaikan dan pasti ada balasan kebaikan/pahala pula dari perbuatan itu. Di sisi lain, hal ini juga mengandung makna sebuah bahaya atau kerugian, karena sang waktu akan terus berjalan dan jatah usia kita akan terus berkurang untuk melakukan kebaikan-kebaikan sebagai bekal perjalanan panjang setelah kita meninggalkan dunia ini. Berikut ini saya sajikan sebuah artikel yang saya reblog dari blog saya yang lain, sebagai inspirasi bagi para pembaca dan terutama bagi saya sendiri, mudah-mudahan bermanfaat.

Straight Path

Tulisan ini saya ambil dari buku Ihya ‘Ulumuddin karangan imam Al Gazali. Saya angkat topik ini karena sangat bermanfaat sebagai pengingat kita agar tidak terlalaikan oleh kesibukan dunia, sehingga melupakan bekal perjalanan panjang menuju alam baqa nanti. Semoga kita bisa senantiasa mengingatkan diri kita akan pentingnya menyegerakan diri untuk berbuat kebaikan.

Rasulullah saw bersabda, “Rebutlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu : Selagi engkau muda sebelum datang masa tuamu, selagi engkau sehat sebelum datang masa sakitmu, selagi engkau kaya sebelum datang masa miskinmu, selagi engkau lapang sebelum datang masa sempitmu, selagi engkau masih hidup sebelum datang masa kematianmu.” (HR.Baihaqi, ibnu Abuddun-ya dan ibnu Mubarak)

Semua kita menyadari bahwa memang kesibukan kita sehari-hari untuk urusan dunia kita begitu banyak menyita waktu atau umur kita. Bahkan kesibukan yang kita lakukan seringkali merupakan hal yang sia-sia dan juga kemaksiatan.

View original post 405 more words

Hai Sobat, mari kita saling menyapa dan berbagi...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s