Cara Membuat Halaman Depan Statis Blog Wp Anda

Membuat halaman depan suatu website atau blog, sebenarnya merupakan pilihan (optional) sifatnya. Apakah anda ingin atau tidak, membuat halaman depan (Front page) pada blog WordPress, itu terserah anda saja. Tetapi jika anda menginginkan adanya satu halaman depan pada blog anda, maka ada beberapa tahapan yang perlu anda ketahui dan ikuti. Untuk jelasnya,  silakan ikuti penjelasan teknis berikut ini.

Secara default atau secara bawaan, halaman depan sebuah website atau blog atau yang biasa dikenal dengan istilah home, akan menampilkan postingan-postingan terakhir atau terbaru yang anda publis. Namun hal ini sudah umum digunakan oleh para blogger. karena begitu mereka mempunyai akun dan punya blog kemudian membuat artikel pertama untuk dipublis, maka artikel-artikel terbaru anda tersebut akan muncul di halaman depan yang sifatnya dinamis. Agar halaman depan menjadi statis, anda dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang berbeda dari biasanya (unik). Tujuannya adalah agar para pembaca yang kebetulan mengakses atau mengunjungi blog anda, terlebih dahulu akan mendarat di halaman statis ini (static page) seperti ini Home, dan selanjutnya mereka dapat melihat atau membaca postingan-postingan anda pada halaman tersendiri yang lain dengan meng-klik Postings seperti di blog saya. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat halaman depan statis di blog anda, ikuti cara membuatnya sesuai tahapan-tahapan seperti di bawah ini.

Cara membuatnya, ikuti tahapan-tahapan berikut ini :

  1. Klik Pages–>Add New pada dasbor blog anda. Di sini anda membuat halaman baru (yang pertama).
  2. Beri judul halaman ini “Home”, atau tentu saja sesuai selera anda.
  3. Ketik konten atau tulisan yang ingin anda tampilkan pada halaman ini dan terbitkan.
  4. Tambah atau buat satu halaman baru lainnya, (yang kedua).
  5. Beri judul halaman ini “Postings” atau nama lain sesuai selera anda.
  6. Pada halaman ini anda tidak perlu membuat konten atau tulisan karena tidak akan ditampilkan. Terbitkan saja halaman tersebut.
  7. Klik Settings–>Reading, pada menu sebelah kiri dasbor blog anda.
  8. Anda akan melihat opsi-opsi/pilihan-pilahan seperti berikut ini :

Pengaturan Membaca

Halaman depan menampilkan Halaman depan menampilkan Pos-pos terbaru Anda

Pilih halaman depan sebagai halaman statis, atau halaman dinamis yang menampilkan pos-pos terbaru anda, itu tergantung anda. Tetapi jika anda memilih halaman depan sebagai halaman statis (home) maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

  • Halaman depan (statis) :
    — Pilih —
    About
    Guest Book
    Home
    Postingan
  • Halaman pos-pos (dinamis) :
    — Pilih —
    About
    Guest Book
    Home
    Postings

Setelah anda membuat pilihan seperti di atas, maka postingan-postingan terbaru anda, tak akan lagi muncul di halaman depan blog anda, akan tetapi akan muncul di halaman post (kalau di blog ini, saya beri nama Postings). Jadi, halaman statis (home) akan tetap berada di sana, dan tidak lagi menampilkan pos-pos terakhir anda. Sementara para pengunjung perlu meng-klik tautan yang ada pada menu “Postings” untuk bisa melihat postingan-postingan terakhir yang ada pada blog anda….Cukup jelas dan mudahkan?

Demikian tutorialnya ya, selamat mencoba dan semoga anda berhasil.

165725s3qwkm20ov

Hai Sobat, mari kita saling menyapa dan berbagi...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s