Ijinkan Aku Bercerita

Oleh : Ar Syamsuddin

4824771251_ffaf803327_z
pixabay.com

Amy, pada puisi ini ijinkan aku bercerita. Bercerita tentang kelabunya awan yang mengiringi kepergianmu. Atau gerimis yang membasahi batu nisanmu. Pohon kamboja yang mulai meranggas dan bunga-bunga kecil yang berteduh di bawahnya. Amy, pada puisi ini aku datang menemuimu. Aku datang bukan untuk menggugat takdir kematianmu. Atau menghujat Sang Pemilik maut. Aku datang hanya untuk mengatakan. Bahwa kepergianmu adalah pelajaran penuh makna. Perjalanan panjang untuk direnungkan.

Bahwa hidup adalah pembuktian. Atau perwujudan sabar dan ikhlas. Ketika harus menjalani skenario-Nya. Amy, pada puisi ini aku kembali menemuimu. Lewat goresan pena untuk menumpahkan segala rinduku padamu. Engkau telah pergi untuk menghadap Tuhan Pencipta. Kepergian yang juga mengajariku tentang hakikat kematian. Meski kepergianmu adalah kepedihan dalam hatiku.

Amy, aku akan kembali bersama mu lewat untaian kata-kata rinduku yang tak bertepi. Kau telah pergi, dan kini kewajibanku hanya tersisa doa. Sementara kelalaian dan kehilafanku hanya menjadi tumpukan sesal. Dalam helaan nafas saat kutulis puisi ini, aku berdoa. Semoga kau bahagia bersama teman-teman sebayamu dalam belain kasih sayang Ilahi di surga.

Di balik nisan yang mengukir namamu, kau hanya diam membisu. Kepada-Nya aku memohon semoga engkau selalu bahagia. Walau kini kita tak bisa bersua, namun kau selalu di hatiku. Amy, aku tak mampu menatap tempat-tempat di mana dulu kau bermain. Tempat-tempat di mana dulu kau bersekolah. Tempat-tempat di mana dulu kau kuantar untuk berobat. Bahkan, aku tak sanggup menatap jasadmu memasuki liang lahat. Langit mendung, meredup turut berduka. Riuh rendah orang-orang bercerita tentang kisah-kisah hidup mu. Walau masa hidupmu tak sepanjang kami merindukanmu.

Dompu, 17 Mei 2013

!

Hai Sobat, mari kita saling menyapa dan berbagi...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s