The Power Of Giving For Health

hand-1549224__340
Pixabay.com

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

[Yang dimaksud dengan giving adalah sedekah]. Dalam hidup ini banyak hal yang menurut logika kita sebagai manusia nampak seperti mustahil atau tidak mungkin terjadi. Tidak sedikit kita menyaksikan atau mengetahui, bahwa ada suatu penyakit atau sebut saja luka yang sudah sekian lama diderita oleh sesorang dan sudah sekian banyak pula macam obat yang digunakan untuk mengobatinya namun tidak kunjung sembuh. Tetapi setelah bertanya dan berkonsultasi kesana kemari pada orang-orang yang mengerti ilmu agama, dan menyarankan agar ia perlu bersedekah kemudian ia melaksanakan saran tersebut, maka penyakit luka tersebut akhirnya sembuh dan bahkan kesehatan orang tersebut secara ruhani dan jasmani menjadi jauh lebih baik dan segar dari sebelumnya.

Fenomena seperti ini nampaknya hanya bisa kita pahami dengan kacamata iman yang murni dan kuat kepada Zat Yang Maha Pencipta, yaitu Allah Swt. Karena iman itu sendiri adalah sebuah energi hidup yang memiliki daya atau kekuatan dahsyat menyemangati kita dalam menyikapi berbagai persoalan hidup. Dan, sedekah itu sendiri merupakan implementasi dari semangat yang digelorakan oleh kekuatan iman yang murni dan kuat hanya kepada Allah Swt.

Terkait dengan fenomena di atas, ada sebuah kisah di jaman Rasulullah Saw bahwa seseorang datang kepada Abdullah bin Mubarrak, memberitahukan bahwa,” sudah tujuh tahun lamanya ia menderita luka di lututnya tidak sembuh-sembuh, meski ia sudah mengobatinya dengan berbagai macam obat oleh tabib yang ahli, namun tidak sembuh juga.” Lalu Abdullah bin Mubarrak menyarankan, “Agar ia menggali sumur di tempat orang-orang yang kekurangan air. Saya berharap kepada Allah semoga ketika air memancar dari sumur, maka darah di lutut anda akan segera berhenti mengalir.” Dan, setelah anjuran itu dilaksanakan yaitu bersedekah dengan air, maka kemudian luka itu pun segera sembuh.

Kisah yang lain, Abu Abdullah Hakim ra adalah seorang ahli hadits yang terkenal. Ia sudah menderita luka di wajahnya selama satu tahun tidak sembuh-sembuh meski sudah diobati. Pada suatu hari Jum’at ia mendatangi Ustadz Abu Utsman Shabuni, untuk meminta didoakan. Dan Abu Utsman pun mendoakan dengan doa yang panjang sekali dan diamini oleh semua yang hadir di majlis. Kemudian, pada hari Jum’at berikutnya salah seorang wanita anggota majlis, datang memberitahukan bahwa sepulang dari mesjid hari Jum’at kemarin, ia mendoakan dengan sungguh-sunguh untuk kesembuhan Hakim. Pada malam harinya ia bermimpi didatangi oleh Rasulullah saw. Dalam mimpinya ia melihat Rasulullah saw bersabda :…Suruhlah Hakim agar memberikan kemudahan air bagi kaum muslimin…Begitu mendengar berita itu, Abu Abdullah Hakim segera membuat tangki di depan rumahnya yang selalu dipenuhi air dan es batu. Al hasil, setelah berlalu satu minggu, luka diwajahnya berangsur-angsur dan segera membaik, bahkan keadaannya menjadi lebih tanpan dari sebelumnya.

Al Faqih Abu Laits As Samarqandi berkata, “Rajinlah bersedekah sedikit atau banyak, karena sesungguhnya dalam sedekah itu ada sepuluh hal yang terpuji. Lima berlaku di dunia dan lima lagi berlaku di akhirat. Dan lima yang berlaku di dunia adalah :1). Sedekah bisa mensucikan harta, seperti dalam sabda Nabi Saw, “Ketahuilah, sesungguhnya jual beli itu tidak terlepas dari main-main, bersumpah, dan berbohong. Karena itu, bersihkanlah ia dengan sedekah.” 2). Sedekah bisa membersihkan badan dari dosa sebagaimana firman Allah Swt, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka (harta benda).” 3). Sedekah dapat menolak bala atau musibah danberbagai macam penyakit, seperti sabda Rasulullah Saw, “Obatilah penyakitmu dengan bersedekah.” 4). Sedekah bisa memberikan kegembiraan bagi orangt-orang miskin. Dan, itulah bentuk amal yang mulia dan yang paling utama. 5). Sedekah bisa mendatangkan berkah pada harta yang kita miliki dan melapangkan rezki, yang difirmankan Allah Swt, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya.”

Kemudian lima yang akan berlaku di akhirat kelak adalah sebagai berikut : 1). Sedekah kelak akan menjadi tempat berteduh dari panas yang sangat membara bagi orang-orang yang mengelaurkannya. 2). Sedekah dapat meringankan proses hisab atau perhitungan amal. 3). Sedekah dapat menambah bobot pada amal kebaikan yang kita kerjakan selama hidup di dunia. 4). Sedekah dapat menolong kita dalam melewati jembatan neraka yang bergitu menakutkan. 5). Sedekah dapat meningkatkan derajat surga.

Jadi, jika keutamaan atau manfaat sedekah itu sedemikian besarnya bagi kita sebenarnya karena ia mendapatkan doa restu dari orang-orang yang fakir dan miskin yang bisa kita bayangkan betapa berbahagia dan senangnya mereka ketika mendapatkan sedekah dari sesamanya yang berkecukupan. Karena mereka setiap saat bergulat dengan berbagai persoalan apa yang harus dimakan di waktu pagi, siang dan sore. Sementara masih ada di sekitar mereka orang-orang yang berkecukupan dan bahkan berkelebihan. Subhaanallah…karena itu marilah kita segera bersedekah untuk mereka dengan apa saja yang bisa kita sedekahkan. Sedikit atau banyak tidak menjadi masalah karena tentu sangat bergantung pada kemampuan yang kita miliki, asalkan diberikan dengan keikhlasan hati pasti akan dicatat oleh Allah Swt sebagai amal kebaikan yang menolong kita di akhirat kelak. Wallaahu a’lam.

Kebenaran hanya milik Allah, semoga bermanfaat, amien ya Rabbal ‘Aalamien.

Advertisements

2 thoughts on “The Power Of Giving For Health

  1. Pingback: Perlis News

Hai Sobat, mari kita saling menyapa dan berbagi...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s